INPOLITIVE

Institute for Politics and Policy Initiative

INPOLITIVE merupakan sub-tim dari ASIAN SCENARIOS yang di bentuk pada tahun 2019. INPOLITIVE dibentuk dengan tujuan untuk turut menghadirkan demokrasi yang lebih partisipatif dan substantif di Indonesia. Antara lain, melalui pelayanan pelatihan dan konsultasi untuk penggiat politik praktis, non praktis, dan pembuat kebijakan publik. Dengan demikian lingkup jasa yang kami tawarkan ada tiga yaitu:

Exclusive Training Pendidikan Politik

Kami termotivasi untuk memberikan pelatihan pendidikan politik mengingat bahwa partisipasi politik masyarakat Indonesia sudah semakin membaik dari tahun ke tahun. Misalnya saja pada Pilpres 2019, partisipasi pemilih sudah hampir mencapai 80%.

Ini memberikan sinyal yang sangat penting untuk pembentukan demokrasi Indonesia ke depannya. Akan tetapi partisipasi yang besar ini masih belum ditunjang oleh kualitas demokrasi dan partisipasi politik yang bermutu. Masih banyak calon anggota dewan dan anggota dewan yang sama sekali tidak memiliki kemampuan dasar politik yang cukup untuk menunjang karier politik mereka ke depannya. Begitu pun dengan anggota dewan yang sudah terpilih, banyak dari mereka belum memiliki dasar dan pembekalan politik praktis sesuai dengan tuntutan kerja di lapangan. Selain itu kami juga menawarkan pelatihan dengan set material yang berbeda untuk staf ahli anggota dewan, yang tentunya sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas dan kontribusi ide ril pada anggota dewan tersebut. Dengan demikian ada satu keselarasan dan harmonisasi kualitas dan ide baik pada anggota dewannya sendiri dan juga pada staf ahli mereka. Ini tentunya akan membentuk citra yang baik dan pembentukan karier calon dan anggota dewan tersebut.

Materi yang kami tawarkan disesuaikan dengan jenjang karier, tantangan dan kebutuhan dari peserta. Misalnya materi untuk calon anggota dewan, anggota dewan terpilih, dan staf anggota dewan kami bedakan. Untuk anggota dewan yang belum terpilih kami memfokuskan pada materi pengembangan diri termasuk pengenalan materi utama political branding, strategi politik, dan komunikasi publik. Sedangkan untuk anggota dewan yang telah terpilih kami memberikan pemantapan materi termasuk, strategi politik praktis (game theory), negosiasi, pemahaman isu lintas sektoral, pemetaan kekuatan politik dan analisa risiko politik. Sedangkan untuk staf ahli, materi yang kami berikan mencakup penguatan analisa ekonomi politik terutama pada ekonomi riil dan pengembangan kemampuan untuk memahami dinamika ekonomi politik internasional untuk menunjang kemampuan analisis mereka.

Training Pendidikan Kebijakan Publik

Pelatihan kebijakan publik kami peruntukkan untuk konsultan dan pengambil kebijakan publik. Di samping itu juga, kami membuka kesempatan kerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan pelatihan sesuai dengan koridor dan isu yang menjadi topik pembahasan. Pendidikan dan pelatihan kebijakan publik ini, kami anggap sangat penting untuk membentuk harmonisasi kebijakan antar pusat dan daerah.

Selain itu juga bisa meningkatkan kualitas dari kebijakan itu sendiri. Pelatihan yang kami tawarkan berbeda dengan pelatihan yang diberikan oleh instansi atau organisasi lain, dimana kami menawarkan pelatihan yang berbasis pada pendekatan teori dan praktis yang menjadi isu sentral pada proses pengambilan kebijakan publik. Mengingat bahwa banyak kebijakan yang diambil bersifat bottom-up dan tidak diambil berdasarkan telaah data dan informasi yang faktual serta tidak didukung oleh pendekatan teoritis yang tepat. Sehingga kebijakan yang diambil tidak bisa menjembatani kepentingan semua stakeholders.

Oleh karena itu kami menganggap bahwa pendidikan kebijakan publik sangat penting untuk para pengambil keputusan dan INPOLITIVE hadir untuk menjembatani kebutuhan tersebut.

INDEPENDEN KONSULTASI

Selain dari dua pelayanan yang kami tawarkan di atas. Kami juga menawarkan konsultasi independen per-seorangan, instansi dan korporasi. Termasuk konsultasi ekonomi politik, kajian pengembangan industri dan strateginya. Selain itu kami juga memberikan kajian pemetaan stakeholders dan risiko bisnis dan politik khusus untuk klien yang membutuhkan informasi tersebut.

Konsultasi ini sangat bermanfaat untuk para praktisi bisnis dan politik yang ingin melalukan desain dan strategi bisnis dan politik, baik itu di internasional, pusat dan daerah.